Powered By Blogger

badruz luph septha

Cari Blog Ini

Jumat, 02 April 2010

Mengusir Virus ‘autorun.inf’

Sudah lama saya menggunakan AVG-Free sebagai anti virus dan selalu update otomatis setiap hari ketika online. Suatu saat, saya dikagetnya dengan terdeteksinya virus di flashdisk saya oleh teman-teman yang menggunakan antivirus McAfee. Rupanya AVG tidak bisa mendeteksi kehadiran virus tersebut. Dalam flashdisk saya ditemukan virus dalam bentuk autorun.inf dalam root direktori flashdisk. Jangan khawatir, kata teman saya, virusnya sudah dihilangkan.

Segera setelah pulang, saya install McAfee. Menariknya, setiap saya memasukan flashdisk, virus itu terdeteksi dan langsung di-delete oleh McAfee. Tapi, selang beberapa detik, virus itu muncul lagi, di-delete lagi, muncul lagi dan seterusnya…………

Akhirnya, pekerjaan saya mulai terganggu dengan perang antara virus dan anti virus tersebut! Rupanya McAfee hanya bisa mendeteksi kehadiran file autorun.inf yang merupakan bagian dari virus dan mencoba menghapusnya. Tapi McAfee tak bisa menghilangkan induk virusnya yang sudah terlanjur masuk ke laptop saya. Wah, pening deh….!

Akhirnya saya browsing ke Internet, cari artikel yang berhubungan dengan virus tersebut. Dari sejumlah artikel saya mulai paham bahwa induk virusnya disembunyikan di dalam recycle bin dalam keadaan HIDE (disembunyikan). Bagaimana untuk menghilangkannya? Cobalah urutan langkah berikut:

1. Ubah tampilan direktori (dari Folder, Tools, Folder Options, View). Ubahlah “Show hidden file”, matikan “hide extension for known file types”, matikan “hide protected operating system file”
2. Coba masuk ke C:\RECYLER
3. Jika virus ada disana, anda akan menemukan direktori seperti ini “S-1-5-21-1482476501-1757981266-682003330-1003″. Virus ada didalam direktori tersebut. Coba hapus! (Shift Del). Kemungkinan besar anda tidak akan bisa menghapusnya, karena file virus sedang aktif.
4. Re-boot komputer anda, dan boot dengan SAVE MODE. Hapus direktori virus di dalam C:\RECYCLER
5. Jangan masukan dulu flashdisk yang kemungkinan bervirus
6. Install McAfee! Setelah ini, jika ada flashdisk yang bervirus jenis ini, akan dihapus dari flashdisk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar